Berita Terkini

Bali Gelar Upacara Matur Piuning untuk Kelancaran Annual Meetings 2018

Karangasem, Bali – Menyambut Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018, Pemerintah Provinsi Bali menggelar upacara Matur Piuning. Upacara ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan kelancaran perhelatan internasional yang akan digelar pada 8-14 Oktober mendatang di Nusa Dua.

Upacara Matur Piuning dilakukan di Pura Besakih dan dihadiri oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Muspida Bali, pimpinan lembaga pemerintahan di Bali, serta ratusan elemen masyarakat Bali. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut perwakilan dari IMF dan World Bank, serta Panitia Nasional Annnual Meetings IMF-WBG 2018.

Upacara Matur Piuning kerap dilaksanakan masyarakat Bali ketika akan melakukan suatu kegiatan yang penting. Selain itu, Matur Piuning juga merupakan simbol akan dimulainya suatu acara, sebagai perwujudan permohonan doa kepada Yang Maha Kuasa, atas keselamatan dan kelancaran pelaksanaan suatu acara.

Matur Piuning kali ini khusus diselenggarakan sebagai bentuk dukungan dan harapan seluruh elemen masyarakat Bali, agar kegiatan Annual Meetings IMF-WBG 2018 diberi kelancaran, keselamatan dan kesuksesan. Sebagai pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali menurut kepercayaan Hindu Bali, Pura Besakih pun dipilih sebagai tempat penyelenggaraan upacara.

Gubernur Made Mangku Pastika dalam kesempatan ini kembali menegaskan kesiapan Bali untuk menyambut seluruh delegasi dan peserta pertemuan keuangan terbesar di dunia tersebut.

“Masyarakat Bali pun menyambut dengan antusias dan memandang kesempatan tersebut sebagai suatu berkah untuk membawa nama Bali ke dunia, mewakili Indonesia,” ucapnya, seperti dikutip dari rilis Pemprov Bali, Selasa(2/8).

Sementara itu Sekretaris IMF Jianhai Lin yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasihnya atas penyelenggaraan upacara yang sangat spesial dan berkesan itu.

Dia menyampaikan, kehadiran belasan ribu peserta dari 189 negara dalam Annual Meetings 2018 di Bali, memberikan kesempatan kepada dunia untuk tidak hanya mengikuti berbagai pertemuan keuangan yang strategis, melainkan juga dapat menyaksikan kemegahan dan keindahan alam dan budaya Indonesia di Bali.

Lebih jauh, IMF-WBG juga meyakini pertemuan tahunan di bulan Oktober nanti akan berlangsung dengan lancar. Segala persiapan dan koordinasi yang telah dilakukan oleh panitia nasional, termasuk persiapan terkait keamanan, diyakini akan membawa pelaksanaan acara menjadi sebuah kesuksesan bersama.

 

Get Connected