Berita Terkini

Persiapan Sudah 80%, Indonesia Siap Gelar Annual Meetings 2018

Jakarta - Persiapan Annual Meetings IMF-World Bank Group telah mencapai 80 persen. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (4/6), usai Rapat Koordinasi Panitia Nasional AM IMF-WBG 2018.

Menurut Menko Luhut Panjaitan, kesiapan tersebut meliputi sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan Annual Meetings di Bali pada Oktober mendatang.

"Dari persiapan ini kami laporkan progres sudah 77% atau mungkin sudah 80%. Semua bidang-bidang yang termasuk dalam check list yang kami miliki berjalan baik," ucapnya, didampingi Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia.

Sebagai Ketua Panitia Nasional Penyelenggara AM IMF-WBG 2018, Menko Luhut Panjaitan menegaskan tidak ada hambatan berarti dalam persiapan yang dilakukan.

"Kami diskusi baik masalah keamanan, masalah visa, bea cukai, masalah kesehatan, masalah digital ekonomi, nanti akan jadi showcase kita juga. Kemudian menyangkut masalah pariwisata, dan sebagainya, banyak sekali. Sudah kita diskusikan satu satu sampai tadi, tidak ada hambatan berarti," tambahnya.

Menko melanjutkan, dalam proses persiapan ini Meetings Team Secretariat (MTS) turut mengevaluasi. Indonesia masih memiliki 125 hari untuk menyelesaikan proses persiapan ini.

"MTS yang jadi pemeriksa dari Washington, mereka April kemarin ada di sini. Juga kita di Washington kemarin, dan nanti Juli, Agustus final kunjungan MTS kemari. Sekarang tinggal 125 hari dari pelaksanaan annual meeting," jelasnya.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan berbagai peran yang akan dimainkan oleh Indonesia sebagai tuan rumah Annual Meetings.

"Topik di IMF-World Bank 2018 tentu saja akan fokus pada World Bank side di mana Menteri Keuangan Republik Indonesia bertindak sebagai Ketua Komite Pembangunan atau Development Commitee maka pertemuan ini akan membahas fokusnya adalah isu-isu pembangunan global," jelasnya.

Dalam pertemuan nanti akan digelar juga pertemuan IMF dengan negara-negara ASEAN dan juga negara G20 di mana Indonesia akan menjadi host-nya.


Get Connected